Single Reviews - July 2020

1. TARRKAM – Wanita Ekstasi (Single, Taken from V/A ADIKSI ADAPTASI, Berita Angkasa RecordS, 2020)


Jakarta punya punk rock yang eklektik setelah NERVOUS BREAKDOWN tidak aktif lagi. Bogor punya THE KUDA dan beberapa band punk unik lainnya. Kini hadir, TARRKAM memberi variasi skena punk rock lokal dengan kombinasi irama berselancar dan jadi brengsek di pinggir laut. Single ini diambil dari kompilasi V/A ADIKSI ADAPTASI dari Berita Angkasa Record yang baru saja diluncurkan di awal Juli 2020, berisi berbagai genre dan musisi, seperti RAFFI MUHAMMAD, ETHER, MORAD, dan sebagainya. Dirilis pertama kali pada 1 Juli via YouTube, di mana video musik setiap lagu diunggah berbarengan. Kemudian menyusul keesokan harinya pada layanan streaming musik macam Spotify, Joox, dan Apple Music. Invasi rilisan ini patut kita apresiasi, karena merupakan cerminan kreativitas dan aksi langsung menghadapi era pandemi gila ini. Wanita Ekstasi milik Tarrkam memang terasa formula surf punk dengan khas James Bond yang sedang marah-marah. Bagi penggemar DEAD KENNEDYS atau FIDLAR dan DUNE RATS pasti paham, juga buat yang sedang berkenalan lebih dalam dengan surf punk dan sudah terbiasa mendengarkan hardcore punk, bisa kalian nikmati lagu ini untuk menemani kalian minum kopi atau jeruk dingin di pinggir pantai sambil dipijat.


2. NIGHTWISH - Noise (Official Video taken from Album HUMAN :||: NATURE, Nuclear Blast, 2020)

Video yang sangat spektakuler dengan figur masyarakat era abad pertengahan yang kebetulan menyasar melalui mesin waktu di era informasi dan teknologi yang kondisinya cukup memprihatinkan karena penggunaan yang berlebihan sehingga menggeser nilai inetraksi sosial menjadi pribadi anti-sosial yang sangat teradiksi gadget, cukup terang dan lurus pesan lagu ini pada objek visualnya. bayangkan saja, cukup unik dan jenius pesan yang disampaikan melalui imej Nightwish yang sering berfantasi sedang berperang di era abad pertengahan, era gotik dan kadang imajinasinya melampaui zaman yang belum terbayangkan kapan terjadi. Secara musikal, lagu ini merupakan bagian kecil dari kemegahan album terbaru mereka yang baru dirilis di bulan April 2020 ini, Human :||: Nature. 'Noise' adalah bagian dari sisi humanisme, menceritakan begitu hebatnya kemajuan teknologi, tetapi sisi negatifnya sangat mudah terjadi dan kita semua merasakan dampak buruknya di depan mata kita sendiri atau kita sendiri yang melakukan hal negatif tersebut. Tetapi kita tetap harus memanfaatkan teknologi secara bijak dan fungsional, dan tetap peduli sekitar lingkungan sosial kita. Itulah sisi humanisme secara riil. Sedangkan kalian juga akan di terapi dengan sisi naturalisme di sisi disc satunya lagi, dengan banyaknya harmoni aransemen yang cukup menginterpretasikan komposisi 'World Music'. Ada 2 disc dengan 'Human' side dan 'Nature' Side.

Sungguh brilian, ini mungkin puncak pencapaian Tuomas Holopainen Cs sebagai komposer utama dan album ini penyempurna album-album sebelumnya. Untuk Vokal, khas Floor Jansen yang baru mulai bergabung di 2013 merupakan daya magnet terdepan dengan khas lady-rocker berkharisma, walau secara otak mesin adalah Tuomas sang komposer, kibordis dan penulis lagu, dibantu si jenggot naga mbah Marco Hietala yang masih mem-back up bernyanyi dan lengkingan serta distorsi tebal Emppu Vuorinen. Drummer mereka adalah Kai Hahto yang baru bergabung resmi sejak setahun lalu (sebelumnya additional tour drummer), beliau juga seorang drummer handal dari Finlandia yang juga sempat mengisi band grindcore/Death Metal HM-2 style ROTTEN SOUND (1995-2005), serta dilengkapi Troy Donockley yang sejak 2007 tambah memperindah komposisi simfoni-folk dengan mengepalai departemen instrumen seperti Uillean Pipes, Tin Whistle, Bodhran dan alat tradisional lainnya. Nightwish selalu memberi kemegahan di tiap albumnya, walau mempunyai vokal yang berbeda, dari era Tarja Turunen (1996-2005), Anette Olzon (2007-2012) dan sekarang Floor Jansen (2013-saat ini), selalu memberikan karakter yang berbeda dan tetap mempunyai keunggulan masing-masing tanpa perlu membanding-bandingkan. Bagaimanapun, Nightwish saat ini menjadi simfoni metal terbaik di planet bumi.




Komentar

Postingan Populer